Pengertian Manfaat Bacaan dan Tata-cara Ruqyah

Konsultasi Ruqyah :

Griya Ruqyah Al Hanif
Perumnas BKP Blok J No. 51, Bukit Kemiling Permai, Kemiling,
Kota Bandar Lampung, Lampung 35152 [HP/WA: 0823-1168-5474]


📌 Rute/Google Map ke Lokasi:📌
https://maps.google.com/?cid=17805589829172112925

🕘 Waktu : 🕣
Jika tidak ada jadwal keluar InsyaAllah Kami buka layanan terapi ruqyah setiap hari, dari jam 09.00 sd jam 20.30 WIB

Konfirmasi Sebelum datang Ke Lokasi Melalui HP/WA: 0823-1168-5474(Ust.Giri)

Pengertian Ruqyah 

  • secara terminologi adalah al-‘udzah (sebuah perlindungan) yang digunakan untuk melindungi orang yang terkena penyakit, seperti panas karena disengat binatang, kesurupan, dan yang lainnya. Ruqyah terkadang disebut pula dengan ‘azimah. Fairuz Abadi berkata: “Yang dimaksud ‘azimah-‘azimah adalah ruqyah-ruqyah. Sedangkan ruqyah yaitu ayat-ayat Al-Qur`an yang dibacakan terhadap orang-orang yang terkena berbagai penyakit dengan mengharap kesembuhan.”
  • Sedangkan makna ruqyah secara etimologi syariat adalah doa dan bacaan-bacaan yang mengandung permintaan tolong dan perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk mencegah atau mengobati bala dan penyakit. Terkadang doa atau bacaan itu disertai dengan sebuah tiupan dari mulut ke kedua telapak tangan atau anggota tubuh orang yang meruqyah atau yang diruqyah. Tentunya ruqyah yang paling utama adalah doa dan bacaan yang bersumber dari Al-Qur`an dan As-Sunnah.

Pembagian Ruqyah

Dalam syariat islam, ruqyah dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

  1. Ruqyah syar’iyah, yaitu metode pengobatan yang dilakukan menggunakan manfaat membaca Alquran, yakni melantunkan ayat-ayat Alqur’an yang ditujukan pada pasien. Hal ini guna meminta pertolongan Allah SWT melalui dzikir dan do’a untuk menyembuhkan penyakit.
  2. Ruqyah syirkiyah, yaitu metode pengobatan yang tidak diperkenankan dalam islam, yaitu dengan jalan merapal mantra-mantra yang dilakukan oleh para dukun.

Contoh Bacaan Ruqyah

Beberapa bacaan ruqyah yang bersumber dari Alqur’an, diantaranya adalah :

  1. Surat Al-Fatihah.
  2. Surat Al-Baqarah, ayat 1-5, 254-257 dan 284-286.
  3. Surat Ali-Imran ayat 1-9 dan ayat 18-19
  4. Surat An-Nisa ayat 115-121
  5. Surat Al-A’raf ayat 54-55
  6. Surat Al-Mu’minun ayat 115-118
  7. Surat Yasin ayat 1-12
  8. Surat As-Shaffat ayat 1-10
  9. Surat Ghafir ayat 1-3, dan masih banyak lagi.

Beberapa do’a yang dianjurkan dalam ruqyah, diantaranya adalah :

  • Ya Allah, Rabb bagi semua manusia, hilangkanlah rasa sakit, berilah kesembuhan, Engkau zat yang menyembuhkan tiada yang bisa menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang tiada menimbulkan sakit sedikitpun.
  • Dengan nama Allah aku meruqyahmu dari kejahatan setiap jiwa atau pandangan orang yang dengki, Allah yang memberi kesembuhan padamu, dengan nama Allah saya meruqyahmu.
  • Saya mohon untuk kamu perlindungan kepada Allah dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan apa yang diciptakan.
  • Dengan menyebut nama Allah yang dengan keagungan nama-Nya itu menjadikan sesuatu tidak berbahaya baik yang ada di langit atau di bumi, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
  • Membaca Ayat Kursi pada saat akan tidur dan setelah salat fardhu. Selain itu juga membaca surat Al-Falaq, Al-Nas dan Al-Ikhlash setiap kali selesai  salat subuh, salat maghrib, dan pada saat menjelang tidur.

Manfaat Ruqyah

Untuk mengusir gangguan setan dan sihir


Dalam buku yang ditulisnya, Abdul Khalik Al-Atthar mengatakan bahwa manfaat ruqyah dapat dapat membantu untuk menolak dan membentengi diri seseorang dari gangguan setan dan sihir jahat. Namun, selain melalui ruqyah, ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk tujuan yang sama, yaitu :

  • Metode Istinthaq, yaitu dengan jalan mengajak bicara setan atau jin yang ada di dalam tubuh pasien.
  • Metode Istilham, yaitu metode penyembuhan dengan jalan memohon petunjuk dari Allah SWT melalui mimpi untuk dapat mendeteksi dan menghilangkan pengaruh sihir yang menimpa seseorang
  • Metode Tahshin, yaitu metode pengobatan dengan cara membentengi atau melindungi seseorang yang terkena ilmu sihir dengan membacakan ayat-ayat Alqur’an, dzikir, maupun ibadah-ibadah khusus lainnya.
  • Metode dengan obat-obatan, yaitu metode pengobatan dengan penggunaan berbagai macam obat atau ramuan yang diperbolehkan menurut islam, misalnya dengan kurma ajwah.
  • Hijamah, yaitu metode penyembuhan suatu penyakit akibat sihir dengan cara berhijamah (berbekam) pada angguta tubuh yang terpengaruh.
Menurut Imam Ibnu Qayyim , diantara obat yang paling mujarab untuk melawan sihir akibat pengaruh jahat setan adalah dengan pengobatan syar’i yaitu dengan zikir, do’a serta bacaan-bacaan yang bersumber dari Al-Qur’an. Apabila jiwa seseorang dipenuhi dengan zikir, wirid dan mensucikan nama Allah SWT, niscaya akan terhalangi dari pengaruh sihir. Orang yang terkena sihir bisa sembuh dengan membaca ruqyah sendiri atau dari orang lain dengan ditiupkan pada dada atau tubuh yang sakit sambil membaca zikir dan do’a.

Menurut Imam Nawawi, Ruqyah dengan menggunakan bacaan yang bersumber pada ayat-ayat Al-Qur’an dan diiringi dengan do’a-do’a yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sesuatu hal yang tidak terlarang. Bahkan itu adalah perbuatan yang disunnahkan. Telah dikabarkan para ulama bahwa mereka telah bersepakat (ijma’) bahwa ruqyah dibolehkan apabila bacaannya terdiri dari ayat-ayat Al-Qur’an atau do’a-do’a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.”

Ayat-ayat Alquran yang sering dibacakan dalam quryah yakni dalam manfaat surat yasin dan manfaat ayat kursi.

Untuk Mengobati Penyakit Fisik Maupun Non Fisik

Terapi ruqyah memiliki pengertian membacakan ayat-ayat atau do’a yang berasal dari Al-Quran maupun As-sunnah dimana hal tersebut mempunyai pengaruh terhadap penyembuhan fisik seseorang. Beberapa pendapat mengenai manfaat terapi ruqyah bagi pasien :

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Dossey, dari Universitas di Texas telah menyatakan bahwa menjelaskan bahwa do’a dapat membantu mengendalikan sel-sel kanker, sel-sel darah merah, enzim, bakteri, dan jamur dalam tubuh.

Menurut direktur riset di Institute of Transpersonal Psychology di Palo Alto bernama William G. Braud menyatakan bahwa bakteri, ragi, motile algae (semacam tumbuhan), tanaman, protozoa, larva, woodlice (semacam kutu kayu), semut, anak ayam, tikus, kucing, anjing, juga preparat sel (sel darah, neuron, sel kanker) dan kegiatan enzim manusia dapat dipengaruhi oleh seorang manusia dari jarak jauh, misalnya adalah dengan mempengaruhi gerakan mata, gerakan motorik, kegiatan elektrodermal, kegiatan pletismografik, pernafasan, dan irama otak.

Menurut Dr. Dadang Hawari yang melakukan penelitian terhadap beberapa pasien jantung di San Fransisco menyatakan bahwa pasien yang menjalani terapi dengan kombinasi do’a sangat sedikit yang mengalami komplikasi, dan begitu sebaliknya.

Menurut seorang spesialis kedokteran jiwa dari klinik Prorevital yang bernama dr. H. Tb. Erwin Kusuma Sp Kj menyatakan bahwa dengan memberikan do’a-do’a pada air dapat merubah struktur molekul di dalamnya, sehingga dapat digunakan untuk metode penyembuhan pada pasien.

Penelitian yang dilakukan Dr. Ermoto dari jepang telah menunjukkan bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air, yaitu sekitar 70%. Pada saat air diberikan do’a-do’a maka hal tersebut dapat mengubah struktur molekul di dalamnya. Perubahan struktur tersebut dapat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang.

Dari beberapa pendapat di atas menunjukkan bahwa do’a dan pikiran manusia dapat mempengaruhi suatu keadaan makhluk hidup, termasuk masalah kesehatannya. Dan dari uraian tersebut kita bisa mengetahui bahwa kekuatan do’a dapat memberikan efek terhadap kesehatan seseorang. Dan secara tidak langsung, hal itu juga membuktikan bahwa manfaat ruqyah yang menggunakan bacaan dan do’a yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah dapat berpengaruh pada proses penyembuhan baik fisik maupun non fisik seseorang.

Tata Cara Ruqyah Mandiri

1. Berwudhu atau sudah sholat (*agar kondisi suci)

2. Menghadap Kiblat (*karena doa lebih baik menghadapi kiblat) niatkan dalam hati untuk meruqyah atau mengobati sakit dan mengeluarkan gangguan.

3. Baca do'a perlindungan dulu = A'uzubillahi minasy syaithonir rojiim

4. Letakkan telapak tangan kanan kita ke tempat yang sakit, baca Bismillah 3x* , atau atau letakkan ke dada** atau juga bisa dengan menggunakan telunjuk dengan cara menekan ditempat yang sakit sambil baca bismillah*** (cara telunjuk bisa jadi alternatif saja) 

(*contoh rosul dari  riwayat Utsman ibn Abi al-‘Ash ats-Tsaqafi, dan juga dari Aisyah, HR. Bukhari, Muslim)
(**contoh rosul dari keterangan Ibnu Abbas)
(***contoh rosul dari keterangan Aisyah radhiallahu dan Sufyan bin ‘Uyainah) 

5. Baca Al Fatihah*, lalu baca Al Kafirun**(kalau Al Kafirun belum hafal langsung surat selanjutnya saja),  Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas 3x dan Tiupkan ke telapak tangan dan usap-usapkan ke tempat sakit***. 

(*keterangan Abu Sa’id Al Khudry r.a dalam HR Bukhori Muslim) 
(***contoh rosul diceritakan ‘Ali bin Abi Thalib dari HR. Ath-Thabrani dan dishahihkan oleh Syekh al-Albani hadits no. 548)
(***dari keterangan Aisyah, HR. Bukhari, Muslim, dan juga keterangan dari Fudhalah ibn ‘Ubaid al-Anshari , dan juga dari Shahih Bukhari 5307). (tambahan admin : lebih baik ditambah lagi Surat Al Fatihah, Ayat Kursyi, Al Ikhlas, jumlah bacaan terserah, bagusnya ganjil)

6. Tepuk-tepuk tempat yang sakit atau punggung bagi yang kesurupan atau gila(*contoh rosul, dari keterangan Mathar bin Abdur Rahman) (tambahan admin) => sambil niatkan menghancurkan penyakit dan mengusir gangguan (jika memang akibat gangguan)

7. Kalau untuk orang kesurupan, selain bacakan ayat ruqyah, dan terapkan semua langkah diatas, juga tiupkan ke mulut yang kesurupan dengan sedikit percikan air ludah (*contoh rosul, dari jabir bin Abdullah, dan juga dari aisyah dalam HR. Bukhari, Fathul Bari 10/208)

8.  Untuk kesurupan atau untuk ruqyah biasa, bisa juga baca ayat surat yang agak banyak di bawah ini :

1. Surah Al-Fatihah, 
2. Surat AL Baqarah ayat 1-4,   ke-163 dan ke-164,  ayat Kursi (ayat 255), dan tiga ayat yang terakhir dari surat Al-Baqarah.
3. surah Ali ‘Imran 18,
4. surah al-A’araf 54,
5.  surah al-Mu’minun 116, 
6. Surah AL Jin  ayat yang ketiga 
7. surah ash-Shaffat 1-10, 
8. tiga ayat terakhir dari surah al-Hasyr, 
9. surah al-Ikhlas, 
10. surat mu’awwidzatain yaitu  surah Al-Aalaq dan An-Nas. 

(*contoh rosul, keterangan dari Ubay ibn ka’ab)

Cara Ruqyah Mandiri Lain : 
Setelah melakukan  poin 1,2,3,4 di atas,  letakkan telapak tangan ke perut, lalu diusap-usap di putar-putar arah putaran tawaf berlawanan jarum jam, sambil baca-baca ayat-ayat ruqyah dengan niat mengumpulkan penyakit dan gangguan, sambil membaca bismillahi Allahu Akbar, lalu ditarik usapan itu kedada - leher - lalu ke mulut, dan muntahkan jika ingin munta, ulangi beberapa kali sampai sakit atau gangguan hilang.

Effeknya ? Biasanya : Buang Angin, sendawa, batuk, muntah, pusing, ada yang berjalan di bagian badan tertentu, tangan gemetar, mual, dan lainnya.

Penanganannya : segera tepuk-tepuk di tempat yang bereaksi atau yang sakit, sambil baca ayat ruqyah di atas dengan niat menghancurkan penyakit dan gangguan. atau baca  Cara Ruqyah Mandiri Lain di atas.

NOTE : bagi yang ruqyah mandiri, yang penyakit atau gangguannya sudah kategori sedang dan parah, kalau ingin hasil lebih baik,sebelum ruqyah Shalat Taubat 2 rakaat dulu, minta ampun yang banyak dan doa minta kesembuhan dan perubahan.

Semoga Bermanfaat, Jika Ada Kendala Anda Bisa Buka :
  1. www.bekamdanruqyah.tk 
  2. www.klinikruqyah.com
  3. HP/WA: 082311685474
  
YASMINA BEKAM DAN HERBAL

Bkp blok j no 51 kemilingf permai bandar lampung

hp/wa: 0823 1168 5474

MELAYANI:

BEKAM STANDAR PBI


RUQYAH SYARIYYAH


MENJUAL
❤Susu kambing,gomars,skygoat

❤Madu hitam,madu putih, madu mujahid, madu saffron, madu promil, madu nauramanjakani, madu gurah, madu angkak, madu ank,gizidat, dan sari kurma.

❤herbal ust faizar, ajwa gasimy, sehat saraf,kantas,majun masna.

❤herbal sehat lambung, sehat ginjal,sekar malam dan gamat golg g.

❤ habbatusauda, spirulina,kapsul bawang putih, ekstrak ikan gabus.minyak ikan, kapsul dan serbuk zuriat.

❤ kapsul, minyak dan sabun bidara.

❤kurma sukari,khenaizi,kacang arab,kismis,coklat,zamzam.

❤ buku saku zikirpagi petang,doa2 dll..


KAMI juga melayani HOMECARE KERUMAH KLIEN
UNTUK RUQYAH SYARIYYAH DAN BEKAM STANDAR PBI


📌 Rute/Google Map ke Lokasi:📌
https://maps.google.com/?cid=17805589829172112925

🕘 Waktu : 🕣
Jika tidak ada jadwal keluar InsyaAllah Kami buka layanan setiap hari, dari jam 09.00 sd jam 20.30 WIB

Konfirmasi Sebelum datang Ke Lokasi Melalui HP/WA: 0823-1168-5474(Ust.Giri)

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Manfaat Bacaan dan Tata-cara Ruqyah"

Post a Comment